Minggu, 29 Agustus 2021

Milangkala Ke-103, Sinar Pusaka Sukapura

Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com Milangkala yang Ke-103 tahun berdirinya Paguron Sinar Pusaka Sukapura (SPS) yang diselenggarakan di Bukit Lestari Kelurahan Leuwiliang Kawalu Kota Tasikmalaya berlangsung dengan khidmat, Sabtu (28/8/21).
Wakil Ketua II Paguron SPS, Tutang MT didampingi Dewan Guru SPS Heru Rustaman,S.Pd mengatakan, kegiatan Milangkala ke-103 ini memang dilaksanakan secara sederhana, mengingat kondisi saat ini masih dalam Pandemi Covid-19 dan PPKM.

Pelaksanaannya juga kami terapkan protokol kesehatan. Pada perayaan ini kami gelar beberapa kegiatan, dimana pada siang ini kami mengadakan pasanggiri ibing pencak silat dan dilanjutkan dengan kegiatan pelantikan pengurus baru SPS periode 2021-2024.

Adapun program yang sudah diwacanakan  tinggal ditetapkan yaitu program pengembangan kapasitas sebagai pelatih dan dewan juri serta wasit. Karena yang kami rasakan di SPS masih terbatas yang mumpuni dalam bidang penjurian ibing pencak silat, katanya.

Ia menjelaskan bahwa, prestasi yang menonjol di SPS itu Ibing pencak silat. Dimana pada beberapa waktu yang lalu ada salah satu paguron di Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan pasanggiri ibing pencak silat untuk Priangan Timur. 

Alhamdulillah pada ajang tersebut SPS meraih juara umum. Bahkan pada ajang Provinsi Jawa Barat, salah seorang Dewan Guru dari SPS yang telah lansia meraih juara pertama, jelasnya.

Tutang berharap untuk kedepannya agar lebih di tingkatkan lagi, pembinaannya baik fisik, seni, budayanya dan satu lagi kepengurusan yang akan datang agar bisa lebih menggerakkan seni tradisional yang sudah pudar, salah satunya yaitu Angklung Sered, harapnya.

Ia menambahkan, SPS ini mengedepankan peserta didik dari kalangan anak usia dini, disamping perjalanannya lebih panjang, kita juga berusaha untuk menanamkan karakter agar anak-anak lebih mencintai seni bangsanya sendiri dibandingkan dengan seni budaya orang asing, tambahnya. (mdt1/2).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2
Media Tasik