Sabtu, 16 September 2017

Tahun 2018 Kab. Tasikmalaya Targetkan Bebas Filariasis

 Mediatasik.com
Kabupaten Tasikmalaya. Pembukaan Kegiatan Pertemuan koordinasi tingkat Kabupaten, Pemberian Obat Pencegahan Masal [POPM] Filariasis ke-5 bertempat di Hotel Harmoni Tasikmalaya.
Kegiatan pertemuan koordinasi POPM Filariasis, diikuti dari berbagai unsur lintas sektoral di Kabupaten Tasikmalaya, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi lintas sektor dalam pelaksanaan pemberian obat filariasis putaran ke-5 di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. (14/09/2017).

Plt. Kepala Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Yusep Yustisiawandana, MM., menjelaskan, POPM filariasis di Kabupaten Tasikmalaya tahun 2017 memasuki tahun ke-5 atau tahun terakhir POPM secara berkala. “Keberhasilan program POPM filariasis di Kabupaten Tasikmalaya ditentukan hasilnya pada tahun ini. Apabila hasil evaluasi Kementerian kesehatan menilai program telah berhasil, maka Kabupaten Tasikmalaya akan dinyatakan sebagai daerah yang sukses meminimalisasi penyakit kaki gajah atau status tereliminasi dari filariasis. Jika dinyatakan gagal, maka program POPM filariasis akan diulang selama 2 tahun kedepan. Tentunya jika terjadi pengulangan program akan membutuhkan biaya yang tak sedikit pula, jelasnya.

H. Yusep, mengimbau agar seluruh steakholder yang terlibat dalam penanganan filariasis agar secara serius bekerja dengan memberikan pemahaman yang maksimal kepada masyarakat.
“Masyarakat harus disadarkan, bahwa Pemerintah telah memberikan pengobatan dengan biaya gratis untuk mencegah terjadinya bahaya yang diakibatkan oleh penyakit kaki gajah. Jika sudah terjangkit penyakit ini maka sudah dipastikan biaya yang akan dikeluarkan untuk berobat akan sangat besar, karena penyakit tersebut sifatnya permanen, tidak akan sembuh dengan tindakan operasi sekalipun, “imbaunya.

Salah satu keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya adalah tereleminasinya status Kabupaten Tasikmalaya dari endemis filariasis atau penyakit kaki gajah pada tahun 2018, demikian harapanya.
(mdt. 1-2)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik