Selasa, 22 Maret 2022

Baznas Kota Tasikmalaya, Pembentukan UPZ Pada Sekolah

Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tasikmalaya adakan Sosialisasi dan Pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) pada jenjang SD dan SMP sederajat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, bertempat di RM Sambel Hejo Jalan Letjen Mashudi Kota Tasikmalaya. Selasa, (22/3/2022).

H. Nasihin S.IP Ketua Baznas Kota Tasikmalaya mengatakan, yang pertama, bagi yang nisab harus memberikan zakatnya, sementara untuk ASN memang sudah ada perwalkot no 16 tahun 2018, untuk mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5 %, itu kewajiban zakatnya.

Yang kedua, ini sifatnya pembelajaran /sodakoh infak ini tidak ada unsur seperti zakat, ini adalah untuk kesukarelaan masing-masing, katanya.

H. Nasihin menambahkan, dengan adanya UPZ disekolah agar siswa-siswa dan guru-guru bisa memberikan infak, sedekah dan zakat sukarela dan setelah terkumpul, Baznas mendistribusikan untuk siswa yang kurang mampu.

Pengumpulan zakat, infak dan sedekah dilingkungan pendidikan tersebut, tidak ada unsur paksaan. Menurutnya, saat ini sudah ada sebagian sekolah yang sudah terbentuk UPZ, ada juga yang belum.

Selama ini Baznaz sudah berkoordinasi ke Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Ingin mendirikan UPZ di sekolah serta menyampaikan surat resmi agar sekolah-sekolah memahami maksud dan tujuan dibentuknya UPZ, pungkasnya. (mdt 1/2).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik