Kamis, 01 April 2021

DPPKB-P3A Kota Tasikmalaya Launching Pendataan Keluarga Tahun 2021

Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com Launching Pendataan Keluarga Tahun 2021 dimulai dari kediaman Plt Wali Kota Tasikmalaya Drs. H M Yusuf Jalan Ibrahim Adjie yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempun dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A), Rabu (1/4/2021).

Kepala DPPKB-P3A Kota Tasikmalaya Hj Nunung Kartini menjelaskan, yang pertama akan terdata tentang kondisi keluarga se-Kota Tasikmalaya bahkan se-Indonesia. Dimana di dalamnya akan menginput data-data terutama yang berkaitan dengan Keluarga Berencana.

Petugas akan mendata berapa jumlah anak dalam satu keluarga, berapa jumlah ibu hamil, berapa jumlah anak balita, remaja dan lansia. Kemudian tahapan keluarga yang meliputi keluarga pra keluarga sejahtera dan keluarga sejahtera. 

Sehingga nanti  memudahkan pengambilan kebijakan dari Pemerintah, program apa saja yang harus di support kepada masyarakat berdasarkan hasil pendataan yang dimulai tanggal 1 April 2021 dan dilaksanakan secara serentak se-Indonesia. 

Sementara itu, hasil dari pendataan ini akan digunakan untuk penentuan program bangga kencana. Jadi akan menghitung berapa sasaran keluarga yang harus ikut Keluarga Berencana,berapa sasaran yang anggota keluarganya terdapat anak yang stunting, berapa keluarga harus mendapatkan program-program bina remaja, bina keluarga, lansia, balita, jelasnya

Jumlah Kepala Keluarga di Kota Tasikmalaya tercatat ada sebanyak 213.963 Kepala Keluarga.

Plt Wali Kota Tasikmalaya mengatakan, ini merupakan program KB pusat yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia melakukan pendataan keluarga, agar memiliki data konkrit. Ketika ada program yang di luncurkan lebih mengetahui dari hasil pendataan. Target di Kota Tasikmalaya Insya Allah terpenuhi atau bahkan mungkin lebih.

Selain pendataan, juga untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Setelah selesai dilakukan pendataan ini, agar dilakukan rekonsiliasi dengan data kependudukan dari Dinas Kependudukan untuk mengetahui hasil pendataan ini sama apa tidak dengan yang ada di Dinas Kependudukan dalam hal jumlah Kepala Keluarga," katanya. (mdt 1/2).


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Media Tasik