Kamis, 02 Agustus 2018

Akses Modal Wira Usaha Baru


Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com..Pemerintah Kota Tasik melalui Bagian Perekonomian Setda menggelar kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan program wirausaha baru (WUB),  dihadiri OPD di lingkungan pemkot yang menjadi leading sektor program WUB, serta para pendamping. (8/2018).

Menurut, H Ramdan Kepala Sub Bagian Pengembangan Dunia Usaha pada Bagian Perekonomian Setda menjelaskan dari hasil rakor yang lalu, perkembangan program wirausaha baru yang dilakukan dibeberapa OPD, hasilnya berbeda-beda, ada yang masih magang, ada pula yang sudah selesai magang.
Beberapa OPD pelaksana program WUB, diantaranya,Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, sebanyak 400 wira usah baru, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, sebanyak 100 orang, Dinas Pertanian, sebanyak 300 orang, Dinas Ketahanan Pangan, sebanyak 100 orang, dan Dinas Pendidikan, sebanyak 100 orang.

Sementara dari 1.000 orang yang mengikuti seleksi calon pelaku dan calon lokasi (CPCL) dimasing-masing OPD, hasilnya 858 dinyatakan lolos, dan dapat mengikuti tahapan selanjutnya. Setelah itu, berikutnya diadakan mapping tallent oleh pengurus Kadin, untuk menentukan keahlian calon WUB, sebelum akhirnya mengikuti magang.
Jumlah ini masih kurang dari target yang ditentukan, yaitu mencetak 1.000 wirausaha baru dalam satu tahun.
Jika targetnya 1.000 WUB, maka pemkot harus membuka pendaftaran lebih dari 1.000 orang, guna memenuhi target yang sudah ditetapkan, katanya.

H. Ramdan menambahkan, bagi mereka yang sudah mengikuti magang, lalu dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat, akan diberi bantuan akses modal, sementara ini kerjasama dengan BPR Al Madinah. Saat ini tengah dibahas teknis shering keuntungan, mengingat bantuan modal ini tanpa anggunan.
Penyertaan modal tersebut, memang tidak dikhususkan untuk program WUB, hanya saja, salah satunya diperuntukkan untuk mendukung program wirausaha baru, tambahnya. (mdt 1-2).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Media Tasik