Rabu, 23 Februari 2022

Dinas Lingkungam Hidup Kota Tasikmalaya Selenggarakan HPSN

Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022 tingkat Kota Tasikmalaya diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, dihadiri, Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan Hasannudin, M.Si, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Aslim,SH, Kepala BBWS Citanduy Bambang Hidayat M. E. Kadis LH Perwakilan Forkopimda dan tamu undangan. Rabu (23/02/2022). 
Sambutan Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf mengatakan, Hari Peduli Sampah Nasional merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup setiap tahun, dimana HPSN mengingatkan kita semua bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yakni dalam hal pengelolaan yang komprehensif dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Peringatan Hari Peduli Sampah tahun 2022 dengan tema ”Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”, tema tersebut sangat relevan karena sampah menjadi salah satu sumber yang menyebabkan kondisi lingkungan menjadi menurun kualitasnya. 

Bukan hanya karena estetika tetapi lebih penting lagi karena sampah merupakan salah satu sektor sumber emisi gas rumah kaca yang berbahaya bagi kerusakan atmosfir dan akan memberikan dampak buruk bagi kehidupan manusia.

Dampak dari sampah ini bisa menjadi keuntungan bagi kita tetapi kerugiannya juga besar kalau tidak dikelola dengan baik, oleh sebab itu mulai hari ini melalui Dinas Lingkungan Hidup betul-betul bisa melakukan pengolahan sampah dengan sangat baik supaya ke depannya paradigma dalam mengelola sampah ini harus ada perubahan, artinya Dinas Lingkungan Hidup harus mulai bisa bekerjasama dengan pihak lain untuk mengelola sampah, katanya.

Wali Kota menambahkan, sampah di kita kalau di rata-ratakan ada seberat 200 ton perhari. Sementara lahan pembuangan sampah di Ciangir saat ini sudah penuh.

Keterlibatan masyarakat secara langsung melalui pengelolaan sampah rumah tangga, dengan cara memilah sampahnya menjadi contoh nyata pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang sekaligus dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pengurangan resiko bencana, pungkasnya. (mdt1/2).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik