Senin, 21 Februari 2022

Wali Kota Tasikmalaya Membuka Musrenbang BPBD Sektoral

Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Sektoral Badan Penanggulangam Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya, Senin, (21/02/2022).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya H. Ucu Anwar menjelaskan, bahwa prioritas BPBD bukan di penanganan tapi di mitigasi atau identifikasi potensi bencana, itu yang menjadi prioritas BPBD dari tahun 2020 sampai 2023. 

Apalagi tahun 2023 dengan supporting dari bapak Walikota, maka kita akan lebih memprioritaskan bagaimana pencegahan bisa dijadikan sebagai primadona aktivitas BPBD di lapangan, katanya.

Rencananya saya ingin membuat aplikasi yang namanya "panic button" kedepan bisa di akses oleh siapapun warga Kota Tasikmalaya yang memiliki smartphone, tapi itu nanti dulu, kalau sudah siap nanti akan kita launching pada saatnya, sehingga masyarakat apabila mendapat kebencanaan tinggal memencet tombol dan lalu GPS nya akan sampai ke BPBD, katanya.

Menurut Wali Kota Tasikmalaya, Program yang menjadi prioritas BPBD untuk kedepan, ini dari hasil akumulasi tingkat kelurahan, kecamatan, dan sektoral nanti akan dibawa ke tingkat kota.

Saya mohon, betul-betul serius dalam membahas ini, sehingga akan melahirkan program prioritas untuk BPBD itu sendiri.

Karena anggaran kita sangat terbatas sehingga prioritas yang dimunculkan di sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Kalau BPBD jelas mitigasi bencana, mereka ini 24 jam bekerja untuk pencegahan, penanggulangan, sehinga tidak terjadi bencana yang memakan korban banyak. Soal sarana dan prasarana BPBD lengkap, hanya informasinya saja yang perlu dipercepat. 

Ketika terjadi bencana kemudian segera dilaporkan maka BPBD akan terus bergerak. Mereka punya tim realsi cepat untuk menanggulangi semua bemcana yang tetjadi di Kota Tasikmalaya, pungkasnya. (mdt 1/2)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik