Selasa, 08 Agustus 2017

Upacara Pelantikan Mahasiswa Baru

 Mediatasik.com
Pelantikan Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi Tahun Akademik 2017/2018. Sekitar 2.755 mahasiswa baru dilantik, acara tersebut dilaksanakan di Gedung Mandala Unsil, yang dihadiri Direktur Kemahasiswaan Ditjen Pembelanjaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Didin Wahidin, para Pimpinan Universitas dan Fakultas, Anggota Senat dan Guru Besar Unsil, anggota Ormawa, serta mahasiswa baru. (7/8/2017).

Rektor Universitas Siliwangi Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., MS., dalam sambutannya mengatakan, sekitar 28.291 pendaftar dan yang diterima masuk hanya 2755 orang sekitar 9,7% termasuk mahasiswa peserta Bidikmisi sebanyak 656 orang adalah mahasiswa terpilih, dan mudah-mudahan menjadi putera-puteri terbaik dan dapat bertanggungjawab untuk turut menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia saat ini.
Mahasiswa sebagai generasi muda merupakan agen pembaharuan, Sukarno juga berjuang sejak muda belia dan pernah mengatakan “ berilah aku 10 pemuda, maka akan aku rubah dunia”.  

Agar mahasiswa menjadi agen perubahan, maka terlebih dahulu harus mampu memahami hakekat dirinya sebagai mahasiswa. Mahasiswa berasal dari dua kata yaitu Maha yang berarti Besar, dan siswa berarti orang yang belajar, jadi mahasiswa adalah pelajar yang mempunyai derajat paling tinggi. Untuk itu mahasiswa harus menggunakan akal pikiran dan hati nurani dalam setiap langkah untuk mengatasi masalah.

Rektor berpesan, untuk mengikuti pendidikan dan pembelajaran di Unsil pergunakanlah waktu dan kesempatan sebaik-baiknya untuk belajar dan mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi. Kembangkan karakter melalui interaksi dengan para dosen, staf administrasi, dan sesama mahasiswa. Berinteraksi dengan cara saling harga menghargai, hormat menghormati dan saling berbagi (sharing) sehingga proses silih asah, silih asih, dan silih asuh melalui akan mendapatkan pembelajaran yang sangat kaya dan berharga, katanya.

Sementara, Orasi ilmiah disampaikan Direktur Kemahasiswaan Ditjen Pembelanjaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Didin Wahidin, memaparkan tentang  tema “Menggagas mahasiswa cerdas, menyongsong Indonesia Emas”, diantaranya; Negara kepulauan terbesar, Negara Maritim terbesar, dan Terumbu Karang (Coral Reef) yang terkaya.
(mdt 1-2)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Media Tasik