Selasa, 01 Agustus 2017

Uu Ruzhanul Ulum “Koperasi Harus Mampu Bersaing”


Mediatasik.com
Peringatan Hari Koperasi ke-70 tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang berlangsung di Alun-Alun Kecamatan Manonjaya, acara yang dihadiri oleh para kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, para Direksi BUMD Kabupaten Tasikmalaya, dan para pengurus Koperasi se-Kabupaten Tasikmalaya. Senin [31/7/17].

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya mengatakan, Koperasi adalah Lembaga Ekonomi yang digagas, dimiliki dan dijalankan oleh para anggota, bukan oleh pemerintah atau pihak lain. Koperasi harus mampu mengembangkan roda organisasi dan usahanya yang didasari oleh semangat kemandirian bagi pemenuhan kebutuhan anggota. Peran koperasi hendaknya searah dan sehaluan dengan aspirasi anggota serta memiliki jiwa kebersamaan, Ciri khas koperasi yang harus dipupuk dan dilestarikan melalui aktualisasi partisipasi anggota dan usaha koperasi secara berkesinambungan.

Perjalanan gerakan koperasi di Indonesia selama 70 tahun telah mengalami banyak kemajuan. Koperasi, terbukti telah mampu memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan ekonomi, Koperasi juga turut menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan kesejahteraan, demikian katanya.
Sumbangan koperasi terhadap perekonomian saat ini sebesar  3,09 persen, namun hal tersebut masih terbilang rendah jika dibanding dengan negara lain, padahal kita selalu mendengungkan bahwa koperasi adalah penggerak perekonmian. Hal ini merupakan pekerjaan rumah yang cukup berat agar Koperasi bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Koperasi harus mempunyai keyakinan bisa meningkatkan kontribusi bagi perekonomian. Kalau koorporasi dan perusahaan swasta dapat berkembang, maka koperasi pun harus harus dapat melakukan hal yang sama, tegasnya.

Uu Ruzhanul Ulum menambahkan, agar koperasi mampu bersaing di tingkat persaingan global. Organisasi koperasi dan masyarakat pada umumnya harus mempunyai semangat untuk menjadikan koperasi sebagai kekuatan bersama dan kekuatan gotong royong untuk mampu bersaing pada perkembangan dan perubahan zaman. Perubahan global saat ini berlangsung begitu cepat, Perubahan zaman harus diikuti oleh segenap insan koperasi dengan melakuan inovasi-inovasi sehingga tidak tertinggal oleh perubahan yang ada.
Pertumbuhan koperasi di Kabupaten Tasikmalaya dari tahun ke tahun terus berkembang. Jumlah koperasi pada akhir tahun 2016 sebanyak 751 unit, koperasi yang aktif sebanyak 398 koperasi dan yang aktif melaksanakan rapat anggota tahunan sebanyak  167 koperasi. Koperasi yang sudah tidak aktif di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak  353 koperasi dan sudah dibekukan berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Uu Ruzhanul Ulum mengajak kepada masyarakat untuk dapat merubah paradigma dalam bekerja. Bupati menghawatirkan jika masyarakat terus menerus menggantungkan harapan pekerjaan  hanya  menjadi seorang pekerja, laju perekonomian akan terus melambat. “Ubahlah paradigma kita dari hanya sekedar ingin menjadi pekerja, coba menjadi pengusaha agar mampu mempekerjakan orang lain. Bagi orang tua, dorong anak kita menjadi pengusaha yang mampu menggerakan perekonomian bangsa. Jangan selalu berpikir bagaimana jika anak kita tidak menjadi pegawai negeri atau swasta, tapi berpikirlah agar anak kita sukses menjadi seorang pengusaha, ajaknya.
(mdt. 1-2)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Media Tasik