Kamis, 14 Maret 2019

Sosialisasi Program Gema Madani Simpati Kota Tasik


Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com. Bertempat di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya diselenggarakan Sosialisasi program gema madani simpati Kota Tasikmalaya tahun 2019, acara dihadiri Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman, Sekda Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan, M.Pd. Kepala Bagian Kesra, Camat dan Lurah se Kota Tasikmalaya, (14/3/2019)

Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman, dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi program gerakan masyarakat mandiri, berdaya saing dan inovatif sebagai model pembangunan berbasis partisipasi tingkat Kota Tasikmalaya, tujuannya untuk menggambarkan keterkaitan antara bidang urusan pemerintah daerah dengan rumusan indikator kinerja sasaran yang menjadi acuan program pembangunan jangka menengah daerah, berdasarkan strategi dan arahan kebijakan yang ditetapkan.

Salah satunya program gema madani simpati (Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi). Program gema madani simpati merupakan program pemberdayaan masyarakat yang memberikan ruang partisipasi masyarakat dalam pembangunan wilayah, serta program gema madani simpati mencakup 3 bidang inovasi kegiatan, yaitu bidang inovasi pembangunan klaster ekonomi masyarakt (I-PAKEM), bidang penataan infrastruktur lingkungan (I-PASLING), dan bidang perkembangan potensi sosial-budaya berbudaya berbasis tata nilai lokal (I-PASBUD), katanya.

Walikota menjelaskan, Capaian hasil kinerja bidang inovasi pengembangan klaster ekonomi masyarakat (I-PAKEM), yaitu terbentuk saung madani di 10 kecamatan sebagai pengendali dan pembina usaha klaster di setiap kelurahan, terbentuk 78 kelompok usaha klaster di 69 kelurahan, dengan 10 produk unggulan, memiliki jumlah anggota 566 orang yang tergabung dalam anggota kelompok usaha klaster.

Capaian hasil kinerja bidang inovasi penataan infrastruktur lingkungan (I-PASLING) yaitu rabat beton jalan/gang lingkungan, labur aspal jalan/gang lingkungan dengan, hotmix manual jalan/gang lingkungan, paving block jalan/gang lingkungan, drainase lingkungan.

Capaian hasil kinerja bidang inovasi pengembangan potensi lokal (I-PASBUD) yaitu lembur madani telah terbentuk di 10 rukun warga pada 10 kelurahan dalam 10 kecamatan, lembur madani berbasis sistem informasi managemen pelayanan terpadu dengan basis data dan website, jelasnya.

Pada kesempatan itu, Walikota  berharap dengan gema madani capaian kinerja bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya, dengan pengembangan dan peningkatan inovasi setiap bidang, seperti peningkatan kualitas pekerjaan infrastruktur dasar skala lingkungan, peningkatan usaha klaster dan peningkatan peran saung madani serta pengembangan lembur madani di 10 lokasi yang telah terbentuk diwilayah Kota Tasikmalaya, (mdt 1/2).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik