Sabtu, 10 Maret 2018

Pemkot Berupaya Selamatkan Sumber Mata Air


Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com. Ketersediaan lahan sumber mata air menjadi hal penting dan perlu disiapkan sejak dini. Sebagai konsekuensi perkembangan kota, alih fungsi lahan tak dapat dihindari, maka ketersediaan lahan sumber mata air dan resapan air, makin berkurang.

Sementara itu, di Kota Tasikmakaya ketersediaan sumber mata air, jumlahnya makin sedikit. Oleh sebab itu perlu dilakukan langkah konkrit dalam mensikapi hal ini, sehingga dapat berdampak buruk dikemudian hari.

Menurut H. Budi Kusmiadi, S.Pd, Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam pada Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, perlu diketahui, sejak tahun 2008 hingga 2017,  sedikitnya pemkot telah membebaskan sembilan bukit yang menjadi potensi sumber resapan dan mata air, dengan luas 71.455 meter2, lokasi tersebut diantaranya Gunung Kokosan, Gunung Kiara, Gunung Tengah, Gunung Pondok, Gunung Hanjuang, dan beberapa bukit lainnya, pembebasannya berada di tiga kecamatan yaitu Bungursari, Mangkubumi, dan Indihiang.

Lebih lanjut Kabid, sampai saat ini, pemerintah kota terus berupaya menyelamatkan keberadaan bukit-bukit yang berpotensi sebagai sumber mata air, kita terus berupaya semaksimal mungkin agar bukit yang berfungsi sebagai sumber mata air dan resapan, dapat kita bebaskan.

Sementara itu, yang menjadi kendala selama ini adalah minimnya anggaran untuk pembebasan bukit, hanya dianggarkan Rp 1 Miliar pertahun, padahal kebutuhannya jauh lebih dari itu, katanya.

Kabid Konservasi, berharap, mudah-mudahan keseimbangan alam tetap terjaga selamanya, karena ini merupakan manivestasi bagi generasi berikutnya, harapannya. (mdt. 1-2).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Media Tasik