Jumat, 20 April 2018

Kabupaten Tasikmalaya Siap Kembangkan Bidang Pariwisata

Kabupaten Tasikmalaya
Mediatasik.com. Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya siap mendukung kesepakatan bersama dalam mengembangkan Pariwisata dan ekonomi kreatif se-Priangan timur dan siap menata destinasi wisata yang berkelanjutan, demikian yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd., pada acara Pencanangan Rencana Aksi Pengembangan Pariwisata Terintegrasi Priangan Timur, berlangsung di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya (19/4/18).

Acara dihadiri, Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan Wilayah (Bakorwil) IV Provinsi Jawa Barat, Ir. Dedi Mulyadi,  Pejabat Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten se-Priangan Timur, Jajaran Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat dan Perwakilan Tasikmalaya   serta pelaku usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif se-Priangan Timur.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tasikmalaya Ir. Safari Agustin menjelaskan, Pencanangan Rencana Aksi Pengembangan Pariwisata Terintegrasi Priangan Timur merupakan tindaklanjut dari kesepakatan bersama yang telah ditandatangani oleh para Kepala Daerah se-Priangan Timur pada 8 Februari 2018 yang lalu. Kesepakatan bersama tersebut berisikan tentang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Priangan Timur.
Maksud dan tujuan kesepakatan bersama ini adalah sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pengembangan wisata dan ekonomi kreatif di wilayah Priangan Timur dan untuk memfungsikan potensi dan kewenangan masing-masing Pemerintah Daerah dalam membangun sektor wisata di wilayah Priangan Timur, jelasnya.

Kepala Bakorwil IV Provinsi Jawa Barat Ir.Dedi Mulyadi menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Barat dengan mengatakan antara lain, kebijakan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, merupakan wujud dari  desentralisasi dan otonomi daerah yang yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Barat untuk terus dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mengupayakan kemandirian dalam melaksanakan pembangunan, termasuk di dalamnya program kerjasama antar daerah di bidang pariwisata.
 “Kerjasama antar daerah diperlukan untuk mengembangkan potensi antar daerah dengan mengembangkan konsep efesiensi dan sinergi pengembangan daerah lintas wilayah. Pengembangan ekonomi kreatif dan wisata memerlukan pendekatan holistik melalui dukungan regulasi yang baik. Peningkatan target kunjungan wisatra memerlukan kerjasama antara pemerintah, organisasi sosial, swasta, pendidikan, dan masyarakat. Kesemuanya dapat terwujud dengan membangun destinasi, industri, kelembagaan, dan pemasaran pariwisata, “ katanya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya Heru Saptaji menyambut baik upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah se-Priangan Timur dalam mengembangkan sektor pariwisata, menurutnya langkah tersebut akan membantu pertumbuhan ekonomi nasional secara makro. “Dengan konsep pariwisata yang terintegrasi dengan baik, sektor pariwisata di priangan timur akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. Dewasa ini sektor pariwisata mempunyai pengaruh yang sangat positif terhadap penerimaan devisa negara. Fakta yang terjadi saat ini, industri pariwisata ternyata lebih memberikan kontribusi paba pertumbuhan ekonomi dibanding dengan industri keuangan sekalipun. Kita harus optimis sektor pariwisata akan mampu mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat, “ujar Heru. (mdt 1-2).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik