Senin, 23 April 2018

Tergantung Bagaimana Cara Pandang Kita


Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com. Kota Tasikmalaya merupakan salah satu daerah dengan pertumbuhan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang cukup pesat. Bahkan jumlahnya hampir mencapai angka empat ratusan. (21/4/2018)

Menurut Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tasikmalaya Drs. H. Deni Diyana, M.Si., mengatakan pesatnya pertumbuhan Ormas/LSM di Kota Tasik, bagi kami ini adalah sebuah anugrah, dengan keberadaan lembaga ini, diharapkan dapat membantu pemerintah dalam hal melakukan pembinaan kepada masyarakat, juga dalam rangka akselarasi perecepatan pembangunan daerah.

Kehadirannya memang tidak lepas dari kepentingan masing-masing lembaga, tapi itu hak mereka. Kita tidak bisa melakukan intervensi lebih jauh, pemerintah hanya bisa melakukan pembinaan dan pengawasan, agar gerak langkah mereka tidak bertentangan dengan Negara, katanya.

Deni menjelaskan, jumlah pasti yang terdaftar ada sekitar 392 lembaga dari berbagai organisasi masyarakat dan kelompok profesi masyarakat, sudah kita keluarkan surat keterangan terdaftar atau SKT, secara legal formal mereka sudah memiliki, Akta Pendirian dan lainnya.  

Dari total 392 Ormas/LSM yang terdaftar, baru 30-40% yang melakukan kegiatan sesuai dengan tupoksinya, baik itu pemberdayaan masyarakat atau sebagai kontrol sosial, jadi sedikitnya ada 30% lembaga non pemerintah yang  sudah turut serta dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat.

Pada dasarnya, tergantung bagaimana cara pandang kita menyikapi keberadaan lembaga tersebut, jelas Deni. (mdt 1-2).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Media Tasik