Kamis, 19 April 2018

Kesbangpol Selenggarakan Acara Silaturahmi dan Pembinaan Ormas

Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com. Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi dan Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Se-Kota Tasikmalaya, dengan tema “Peran Ormas dan LSM Dalam Mengawal Demokrasi dan Akselerasi Pembangunan Daerah”, bertempat di Gedung Serba Guna Bale Kota Tasikmalaya. (19/4/2018).

Panitia Kegiatan Silaturahmi dan Pembinaan Ormas Ajat dalam laporannya menyampaikan, maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk menjalin tali sillaturrahim, persaudaraan, kerukunan, dan persatuan diantara ormas pada lingkup pemerintah Kota Tasikmalaya, serta untuk meningkatkan intensitas komunikasi antara Ormas  dengan pemerintah Kota Tasikmalaya.
Adapun tujuan kegiatan diantaranya, meningkatkan peran Ormas dan dalam akselerasi pembangunan Kota Tasikmalaya, Meningkatkan peran ormas dalam menjaga stabilitas Kota Tasikmalaya, dan Terwujudnya Ormas yang profesional dan akuntabel, demikian laporannya.
   
Sambutan Walikota Tasikmalaya yang dibacakan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Tasikmalaya H. Deni Diyana mengatakan, Organisasi kemasyarakat (Ormas) merupakan mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bersama yaitu sama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu lembaga yang terbentuk berupa Ormas yang kumpul dan hidup di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berorientasi kepada pembangunan Kota Tasikmalaya pada khususnya dan umumnya secara nasional.

Ormas merupakan wadah pembinaan dan pengembangan masyarakat dalam mewujudkan cita-cita bersama, yang pada akhirnya bermuara kepada cita-cita nasional. Ormas juga berperan sebagai sarana penyalur aspirasi dan komunikasi timbal balik antara anggota dan atau antar ormas. Maka dengan demikian Ormas adalah mitra yang sejajar dengan pemerintah dalam melaksanakan pembinaan kemasyarakatan. Peran Ormas selama ini  kami rasakan sangat efektip untuk menjaring aspirasi masyarakat, karena ormas hidup dan tumbuh bersama-sama dengan masyarakat, katanya.

Deni menambahkan, di sisi lain pemerintah memiliki tugas dan kewajiban untuk melakukan pembinaan, dan memberikan dorongan dan pengayoman dalam rangka menumbuhkan organisasi yang sehat dan mandiri sehingga ormas dapat menggerakan kreativitas dan aktivitasnya secara positif. Pembinanan yang dilakukan oleh kami ini sebagai Fasilitator dan regulator untuk menyatukan visi dan persepsi kita, dengan tidak menghilangkan arti kebebasan berserikat dan berkumpul sesuai dengan tugas dan pengabdian kita masing-masing, tambahnya. (mdt. -2).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Media Tasik