Selasa, 19 November 2019

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa

Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com. Pemeriksaan kesehatan jiwa dan Evakuasi ODGJ Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Bale Kota Tasikmalaya. Kegiatan tersebut dihadiri Sekda Kota Tasikmalaya, Unsur Forkopimda, Unsur Muspida, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Kepala Puskesmas Se Kota Tasikmalaya (19/11/2019).
Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan dan yang diwakilkan dari Tim Intervensi RS. dr. H. Marzoeki Mahadi Bogor dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya serta Dinas Sosial.

Pelayanan kesehatan Orang Dengan Gangguan Jiwa berat (ODGJ), salah satu pelayanan dasar pada SPM kesehatan daerah kabupaten/kota sesuai yang tercantum dalam Permenkes no. 4 tahun 2019, dengan tujuan pembangunan kesehatan yaitu "Menuju Indonesia Sehat” adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.

Sekda menambahkan, Pemerintah Kota Tasikmalaya berharap dengan pelayanan penjemputan pasien secara profesional, manusiawi, dan menjamin keamanan dapat menjadi contoh untuk masyarakat tentang penanganan ODGJ yang tepat, pengetahuan yang di dapat ini akan mengikis stigma negatif dan menumbuhkan kesadaran bahwa ODGJ berhak untuk mendapatkan layanan kesehatan melaluai perawatan dan memberikan dukungan tepat dan propesional.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. Uus Supangat menjelaskan, untuk mewujudkan Kota Tasikmalaya bebas pasung di tahun 2019, pihaknya mengadakan kerjasama dengan pihak Rumah sakit  dr. H. Marzuki Mahdi Bogor. Setelah menjalani pengobatan di Bogor, tentu akan dikembalikan lagi ke Kota Tasikmalaya berikut catatan kesehatannya dengan obat-obatanya, dengan harapan bisa sembuh seperti biasa, jelasnya.

Usai kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen penanganan ODGJ, yang diawali oleh Sekda Kota Tasikmalaya, (mdt 1/2).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Media Tasik