Minggu, 14 Oktober 2018

TOF Dimeriahkan dengan Karnaval dan Helaran Budaya


Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com. Bertempat di Jalan Otto Iskandardinata kegiatan Grand opening Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) tahun 2018 resmi digelar, dimeriahkan dengan Karnaval dan Helaran budaya, berlangsung Minggu, (14/10/18),

Acara dihadiri oleh, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Anggota DPR RI Komisi V Hj. Nurhayati, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruhzanul Ulum, serta 24 Wali Kota yang tergabung dalam komisariat wilayah (Komwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).


Dalam laporan Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan Aan Hadian menyampaikan, maksud dan tujuan digelarnya kegiatan karnaval dan helaran budaya, sebagai media promosi, juga untuk memperkenalkan, seni budaya, pariwisata, ekonomi kreatif, dan perdagangan di kota Tasikmalaya.

Sebanyak 140 costum unik turut di pamerkan pada gelaran TOF kali ini. Selain itu, ada 64 kontingen dengan jumlah partisipan sebanyak 920 orang, serta 13 kontingen Apeksi Komwil III, dan 1 kontingen kabupaten, katanya.

Pada kesempatan itu, dalam sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hasil produk asal kota Tasik sudah cukup dikenal ditingkat nasional, untuk itu pemerintah pusat akan turut serta mendorong kegiatan pembangunan, salah satunya dengan membangun jalan tol sepanjang lebih kurang 240 kilometer, yang melintasi Tasikmalaya, sampai dengan cilacap.

Dan ini menjadi relevan karena bersamaan dengan hari jadi yang ke 17 Kota Tasikmalaya. Pastinya masyarakat Tasik terang dan serta seluruh warga masyarakat, tidak saja jawa barat, Indonesia mengenal Kota Tasik sebagai kota yang kreatif.

Oleh karenanya saya mengapresiasi dan memberikan ucapan selamat atas hari jadi Kota Tasik ke 17, dan selamat kepada kegiatan Oktober Festival.
Kami mendapat amanah dari Bapak Presiden RI, bahwa Tasik adalah kota kreatif, maka menjadi keharusan bagi Kementerian Perhubungan untuk mendukung, itu ditandai dengan, kita sudah membantu memperbesar bandara.

Insya Alloh akan lebih banyak lagi pesawat yang akan mendarat disini (kota Tasik red). Kami juga mengundang beberapa investor agar dibangun fasilitas hotel Internasional dan berbagai kegiatan lainnya.

Kami juga akan mendorong kegiatan kereta api yang lebih banyak menuju Tasik. Mengadakan jalan tol  sepanjang lebih kurang 240 kilometer, yang melintasi Tasikmalaya, sampai dengan cilacap, pasti memberikan kebahagiaan bagi masyarakat Tasik.

Tidak ada hal atau alasan bahwa kita tidak membangun Tasik, karena Tasik kota yang hasil kerajinannya sangat terkenal di seluruh Indonesia bahkan didunia. Oleh karenanya saya selalu mengingatkan keselamatan adalah satu hal yang penting bagi kita. Marilah kita jaga keselamatan agar Tasik menjadi lebih hebat, katanya.

Menhub menambahkan, hari ini ada satu bis sekolah kecil, tetapi itu tandanya bahwa Kementerian Perhubungan dan Bapak Presiden Indonesia, selalu ingat dengan Tasik", Hidup Tasik!!.

Wakil Gubernur H. Uu Ruhzanul Ulum dalam sambutannya mengatakan, secara pribadi ikut melahirkan Kota Tasikmalaya disaat saya menjadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya mendorong tentang lahirnya Kota Tasik. Atas nama pemerintah propinsi Jawa Barat, kami ucapkan selamat hari jadi ke 17 Kota Tasik. Pemprop sangat mendukung kegiatan yang digelar, melalui kegiatan ini, pariwisata di Jawa Barat dan lainnya dapat terpromosikan, khususnya yang ada di kota Tasik. Apalagi sekarang para walikota yang hadir untuk melihat keadaan Jawa Barat.

Kemudian juga kami mengingatkan atau menyampaikan, Tasikmalaya adalah kota santri, yang identik dengan pesantren, identik dengan religius, kami yakin kegiatan kali ini adalah sebagai bukti dari kota santrinya.   

Diharapkan, adanya kegiatan seperti ini, dapat membangkitkan kembali, kegiatan ekonomi warga, serta menumbuhkan kebersamaan antara pemerintah dan warganya komunikasi, dengan Propinsi Jawa Barat dengan tujuan untuk membangun Jawa Barat dengan program kami yaitu Jabar juara lahir dan bathin, juara dalam bidang agamanya, juara dalam bidang masyarakatnya, dalam pemerintahannya, dan juara dalam infrastrukturnya,  harapannya.

Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman dalam sambutannya mengatakan, tepatnya 17 Oktober mendatang Kota Tasik tepat berusia 17 tahun, usia yang dewasa, lebih kreatif, dan inovatif.
Produk kreatif UMKM hasil karya pengrajin Kota Tasik menjadi kekuatan dan daya tarik tersendiri terutama warga luar daerah untuk datang berkunjung ke kota Tasik.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik pertumbuhan ekonomi Kota Tasik pada tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 6,94%. Melalui kegiatan TOF diharapkan, dapat  mendongkrak perekonomian Kota Tasikmalaya, katanya. (mdt 1/2).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Media Tasik