Jumat, 10 November 2017

Peringatan Hari Pahlawan Diharapkan Membangkitkan Semangat

 
Kabupaten Tasikmalaya
Mediatasik.com. Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang berlangsung di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, yang dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tasikmalaya, (10/11/2017).


Dalam sambutan, Menteri Sosial (Mensos) RI Khofifah Indar Parawangsa yang dibacakan oleh Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Peringatan Hari Pahlawan harus memberikan pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik kekuatan melainkan politik harapan yaitu seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri dan oleh karena itu setiap zaman harus mengembangkan respons kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya. Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak hanya cukup dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan hanya sekedar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini. Patriotisme progresif dituntut menghadirkan bangsa tanpa terperosok pada sikap anti asing. Patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk dapat mandiri dalam bidang ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Visi pemerintah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden saat ini adalah terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Nawacita adalah rumusan untuk mencapai visi tersebut dalam sembilan agenda yang dikategorisasikan dalam tiga ranah yaitu ranah mental kultural, ranah material atau ekonomi, dan ranah politik. Ketiga ranah tersebut harus saling bertautan secara sinergis berdasarkan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945.

 “Dengan peringatan hari pahlawan diharapkan dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan, serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, katanya.

Usai sambutan Bupati Tasikmalaya didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya secara simbolis menyerahkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS)  kepada masyarakat kurang mampu penerima BPJS Kesehatan. (mdt. 1-2).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik