Jumat, 19 Januari 2018

Disdukcapil, Perlu Sarana dan Prasarana yang Memadai untuk Meningkatkan Pelayanan

 Kota Tasikmalaya
Mediatasik.com. Masih kurangnya sarana dan prasarana Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya.(18/1/2018).
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya Drs. H. Imih Misbahul Munir, mengatakan, untuk menunjang pelayanan, Disdukcapil memerlukan sarana dan prasarana yang memadai, pertama adalah server, server itu idealnya harus ada 6 unit, 3 untuk yang On, dan yang 3 lagi buat backup manakala ini macet langsung nyala, karena seharusnya tidak boleh ada jeda, ini seharusnya ada 6 unit, tetapi ini baru ada 2 unit. Kedua, alat perekaman, alat ini usianya sudah tua/ lama dan baru ada 2 unit, karena idealnya untuk keliling 3 unit, dan 2 unit stanby ditempat jadi jumlahnya idealnya 5 unit, ditambah lagi di tiap kecamatan satu unit, karena masih ada kecamatan yang belum mempunyai alat perekaman, dan Ketiga ini di SDM, ini tidak bisa dilakukan oleh robot karena pelayanan masyarakat, jadi harus oleh pegawai, ini dalam rangka percepatan pelayanan.

Untuk sementara ini, pegawai yang ada sekitar 40 orang, untuk idealnya sekitar 56 orang. Sarana yang lainnya misalkan, gedung yang kurang memadai, karena ini eranya memanjakan masyarakat, idealnya masyarakat ini dinaungi dalam sebuah ruangan yang ada AC, tempat duduknya yang bagus, dan gudang/tempat arsip ini masih jauh dari memadai. Padahal kita memproduk KTP, KK, Akte tiap hari sekitar 1000 lembar, mungkin lamanya hingga 2-3 tahun ini sudah tidak bisa bergerak karena ruangan akan habis, katanya.

H. Imih menambahkan, pada awalnya kesejahteraan itu dari Disdukcapil, karena bantuan apapun penduduk tanpa kependudukan tidak bisa dilayani, misalkan, ingin bantuan jaminan kesehatan itu harus ada KTP, KK, dan juga bagi anak yang mau masuk sekolah, itu harus ada akte, KK. Memang seperti sepele tapi kita mempertanggungjawabkannya sangat berat. Kita membuat dokumen ini harus benar-benar akurat, karena tidak bisa sembarangan dan harus ada persyaratan lainnya, demikian tambahnya. (mdt)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Media Tasik