Selasa, 05 Desember 2017

Festival Hijau Tingkat Kabupaten Tasikmalaya


Kabupaten Tasikmalaya
Mediatasik.com Festival Hijau Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BNM) Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, yang berlangsung di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya dibuka secara resmi oleh Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum. Selasa (5/12/2017).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, kegiatan festival hijau merupakan momentum yang tepat untuk mewujudkan Tasikmalaya yang lestari dan berwawasan lingkungan, untuk menggugah kesadaran kita semua untuk menjaga kelestarian alam.
Bencana alam yang sering terjadi di lingkungan kita, dewasa ini pada hakekatnya akibat dari kelalaian kita sebagai manusia dalam menjaga kelestarian alam. Penyebabnya antara lain adalah  penebangan liar, alih fungsi lahan, dan masalah membuang sampah sembarangan yang merupakan ulah dari manusia yang sudah  tidak  ramah terhadap lingkungannya sehingga menimbulkan bencana yang merugikan kita semua.

Keadaan alam sudah banyak berubah dibandingkan dengan  20 atau 30 tahun ke belakang.  “Dahulu jarang banjir, tetapi sekarang bencana alam longsor sudah tidak asing lagi, hari ini kita tidak bisa menutup mata bencana terjadi di mana-mana. Kemarau berdampak kekeringan, begitupun  hujan selalu menimbulkan banjir dan longsor. Maka sudah saatnya kita mencintai alam dengan ramah terhadap lingkungan, “ katanya.
  
Bupati menjelaskan, Terkait kawasan lindung, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah mengoptimalkan kawasan lindung sebanyak 64,35 % seperti yang tercantum dalam Perda Kabupaten Tasikmalaya Nomor 2 Tahun 2012 Tentang, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2011-2031. “Kawasan lindung merupakan sebuah target yang memerlukan komitmen semua stakeholder yang peduli dengan lingkungan. Hal ini semata-mata untuk kepentingan rakyat jangan sampai kita mewariskan air mata tapi harus mewariskan mata air bagi generasi mendatang,” jelasnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana mengatakan, kegiatan Festifal Hijau  mengambil tema “Menanam Pohon Demi Mewujudkan Tasikmalaya yang Lestari. Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan dimaksud adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengelola lingkungan yang baik dan stakeholder lainnya sehingga lingkungan dapat  lestari dalam  mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Kegiatan ini adalah pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Tingkat  Kabupaten Tasikmalaya dengan agenda gerakan menanam satu pohon satu keluarga, demikian laporannya.

Pemberian penghargaan kepada sekolah berbudaya lingkungan, penggiat atau aktivis penggiat lingkungan dan dunia usaha, pameran lingkungan, musik ramah lingkungan, dan lomba mewarnai bertemakan cinta lingkungan. (mdt. 1-2).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Contoh banner 2

Arsip Blog

Media Tasik