Kamis, 21 Desember 2017

Bupati Pimpin Apel Operasi Lilin Lodaya


Kabupaten Tasikmalaya
Mediatasik.com Bertempat di Halaman Mapolres Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum bertindak selaku Inspektur Upacara dalam acara Gelar Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Lodaya Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018. Acara dihadiri, Kepala Kejaksaan Negeri Singaparna, Kapolres Tasikmalaya, Dandim 0612 Tasikmalaya,  dan sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Kamis (21/12/17)

Sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dibacakan Bupati Tasikmalaya mengatakan, Apel Operasi Lilin Lodaya dilaksanakan sebagai pengecekan akhir personil dan sarana kelengkapannya dalam pengamanan Natal Tahun 2017 dan malam pergantian Tahun Baru 2018.
“Kegiatan Operasi Lilin Lodaya merupakan wujud keterpaduan unsur lintas sektoral yang bekerja secara simultan untuk kepentingan keamanan yang kondusip, “demikian.

Dalam sambutan Kapolri menyatakan, Operasi Lilin Lodaya 2017 didukung oleh, Kementrian Perhubungan, Pertamina, dan Jasa Marga untuk menjamin lancarnya arus mudik dan balik Natal 2017, sedangkan untuk mengendalikan harga bahan pokok, Polri telah melakukan koordinasi dengan Kementrian Kehutanan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bulog. Operasi Lilin Lodaya akan dilaksanakan mulai 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018, didukung oleh Badan Intelejen Negara, TNI, instansi terkait, dan komponen masyarakat lainnya yang bertugas  di berbagai titik seperti tempat wisata, stasiun kereta api, terminal bis dan bandara udara di seluruh Indonesia.

Kapolri mengharapkan, kerjasama lintas sektoral tersebut dapat menghasilkan momentum natal dan tahun baru yang  aman, nyaman, dan lancar. Menurutnya, beberapa ancaman yang harus diantisipasi adalah potensi terorisme, kemacetan lalu lintas, bencana alam, dan antisipasi kenaikan harga pangan yang menimbukkan konflik di masyarakat, harapannya.

Kapolri berpesan, agar dalam pelaksanaanya harus berpedoman pada beberapa hal yaitu, memetakan potensi kerawanan dengan penyusunan rencana operasi yang baik, lakukan pendekatan dengan masyarakat, dan  lakukan terobosan kreatif yang dapat mengatasi masalah kemacetan,serta kecelakaan lalu lintas, pesannya.

Kapolres Tasikmalaya Anton Sujarwo menjelaskan,  Operasi Lilin Lodaya di Kabupaten Tasikmalaya didukung oleh 400 personel Polisi  yang ditempatkan di beberapa titik yang mempunyai potensi ancaman keamanan. Ada beberapa kendala yang menjadi tantangan di lapangan antara lain, belum baiknya fasilitas jalan dan jembatan yang rusak akibat bencana alam.
“Antisipasi yang paling utama di Wilayah  Kabupaten Tasikmalaya adalah potensi bencana alam. Tetapi kami sangat terbantu dengan bantuan masyarakat yang selalu aktif membantu kami ketika terjadi ancaman keamanan, atau potensi kejadian bencana alam, ‘jelas Anton. (mdt. 1-2)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Media Tasik